\

Usung Kecakapan Literasi Digital, Pemkot Tangerang Gelar Talkshow di Hadapan Puluhan Ribu Masyarakat

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang dinilai sukses mengampanyekan pentingnya literasi digital. Di hadapan puluhan ribu pasang mata masyarakat Kota Tangerang, Talkshow Literasi Digital berjalan secara interaktif di tengah hiburan Tangerang Digital Festival 2023 yang telah berjalan dalam dua hari terakhir, 12-13 Agustus 2023.


 


Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Indri Astuti menuturkan, Talkshow Literasi Digital ini menjadi kesempatan untuk mengampanyekan pentingnya pedoman 4 pilar literasi digital bagi masyarakat secara luas, meliputi etis bermedia digital, aman bermedia digital, cakap bermedia digital, dan budaya bermedia digital. Selaras dengan tajuk tema yang diangkat, “Bijak Berinteraksi di Media Sosial,” Talkshow Literasi Digital ini mendatangkan berbagai narasumber berkompeten, seperti Sopril Amir (Pengamat Media dan Komunikasi Publik), Widodo Muktiyo (Staf Ahli Kemenkominfo RI), dan Indri Astuti (Kepala Diskominfo Kota Tangerang).


 


“Alhamdulillah, hari ini sudah terlaksana Talkshow Literasi Digital lewat kerja sama dengan berbagai pihak. Ditambah, puluhan ribu masyarakat yang antusias menyimak pemaparan dan perbincangan yang dilakukan menjadi kesempatan yang berharga,” ujar Kepala Diskominfo, Indri Astuti, selepas penyelenggaraan Talkshow Literasi Digital, di Taman Elektrik Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang, Minggu, (13/8/23).


 


Pengamat Media dan Komunikasi Publik, Sopril Amir menambahkan, Talkshow Literasi Digital seperti ini dinilai penting untuk diterima masyarakat secara luas. Terlebih, kecakapan literasi digitial, khususnya bermedia sosial, menjadi kebutuhan yang penting bagi masyarakat secara luas untuk berakselerasi dengan perkembangan zaman. Serta, kecakapan literasi digital seperti yang diperbincangkan, juga mampu dioptimalkan untuk mencegah kejahatan yang saat ini kerap terjadi di dunia digital, seperti ujaran kebencian, peretasan, data pribadi, dsb.


 


“Semua keperluan hidup kita saat ini diperantarai oleh perkembangan digital. Oleh karenanya, literasi digital menjadi sesuatu yang penting untuk dikuasai dan dimanfaatkan secara optimal. Mulai dari cara penggunaan, pedoman penggunaan, sampai risiko penggunaan. Sehingga kita bisa memanfaatkan perkembangan dunia digital sebaik-baiknya,” lanjutnya.


 


Selain itu, Talshow Literasi Digital dalam Tangerang Digital Festival 2023 ini juga dinilai sebagai salah satu terobosan yang menarik untuk mencerdaskan masyarakat di Kota Tangerang. Mengingat, Talkshow Literasi Digital ini diselenggarakan secara terbuka, dan diikuti oleh sekitar 50 ribu masyarakat dari berbagai lapisan.


 


“Hanya di Kota Tangerang, metodologi sebagus ini diterapkan. Lewat Talkshow seperti ini, masyarakat umum semuanya dilibatkan, sehingga tidak hanya menikmati hiburan, juga mendapatkan suatu ilmu yang sangat bermanfaat, khususnya untuk merespon perkembangan dunia digital. Sekali lagi, ini sangat efektif dan penuh manfaat,” pungkas Widodo Muktiyo, Staf Ahli Kemenkominfo RI.

BERITA LAINNYA

13 Aug 2023 17:06

Virtual Job Fair Spesial…

13 Aug 2023 17:06

Akhir Pendampingan KIM 2021