\

Akhir Pendampingan KIM 2021

Pendampingan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) 2021 dalam rangkaian KIM Festival Tangerang telah rampung hingga volume empat. Pendampingan diakhiri dengan materi penulisan judul dan caption konten yang dibawakan oleh Wartawan Jawa Pos, Ryandi Zahdono dan dosen / pemerhati media sosial, Rocky Prasetyo Jati di Aula Kecamatan Batuceper, Kamis, 30 September 2021.


Kepala Bidang Diseminasi Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kota Tangerang, Boyke Urif, mengatakan, Pendampingan KIM 2021 telah berlangsung sejak 9 September 2021. Adapun materi pendampingan yang telah diberikan kepada 42 KIM yang tersebar di 13 kecamatan, antara lain digitalisasi bisnis lokal pada volume satu, digital fotografi pada volume dua dan konten video pada volume tiga.


"Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan para anggota KIM Kota Tangerang dapat menjadi agen atau duta informasi bagi seluruh masyarakat. Terutama informasi yang berisfat positif dan mengandung unsur kebijakan pemerintah maupun potensi Kota Tangerang itu sendiri," ujarnya saat ditemui di lokasi pendampingan, Kamis (30/09).


Pada kesempatan yang sama, Ryandi Zahdono juga berpendapat mengenai pentingnya peranan anggota KIM pada pengelolaan informasi bagi masyarakat kota. Salah satunya melalui pembuatan sebuah konten berita yang menarik, mulai dari judul beritanya.


“Menurut saya, judul berita menjadi pintu pertama untuk masyarakat mengakses isi berita. Jika judulnya saja menarik, tentunya masyarakat tertarik untuk memperdalam isi beritanya. Namun perlu diperhatikan, dalam penulisan judul berita perlu merefleksikan isi beritanya itu sendiri,” tuturnya.


Sama halnya dengan caption. Sebuah caption harus sesuai dengan konten yang dipublikasikan. Jika konten berupa foto, makan caption dapat menjabarkan cerita di balik foto lebih dalam. Namun jika konten berupa video, caption yang lebij singkat yang dibutuhkan.


“Salah satu teknik penulisan caption bisa mempehatikan konsep AIDA, yaitu Attention, Interest, Desire dan Action. Singkatnya, caption tersebut mengandung informasi yang mampu menarik perhatian , memberikan solusi dan mengajak untuk berbuat sesuatu,” jelas Rocky Prasetyo Jati secara daring.


Sejak pendampingan KIM 2021 volume satu, para anggota KIM telah menerima beragam materi dari para pemateri yang berkompeten di bidangnya. Dedi, salah satu anggota KIM Batusari, mengaku, materi pendampingan sangat bermanfaat bagi seluruh anggota KIM dalam menjalankan tugas sebagai penyalur informasi kepada masyarakat.


“Kebetulan saya ikut setiap pendampingan KIM dari volume satu. Materinya. Bagus-bagus sekali dan sangat berhubungan dengan kebutuhan kita di lapangan dalam menyebarkan informasi melalui berbagai media. Pematerinya juga bagus, sehingga pemahaman materinya jadi mudah,” ungkapnya.


Sebagai informasi, setelah pendampingan KIM 2021, rangkaian KIM Festival Tangerang akan berlanjut pada perlombaan dengan tiga kategori, yang diantaranya lomba bisnis digital KIM, lomba konten kreatif KIM dan lomba sosmed KIM. Para anggota KIM dapat mengumpulkan karya lomba hingga 3 Oktober 2021.


Read more at: https://tangerangkota.go.id/berita/detail/28141/akhir-pendampingan-kim-2021


Download aplikasi Android TangerangLive : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.tangerangkota.tangeranglive&hl=en