\

Tingkatkan Keamanan Siber, Diskominfo Kota Tangerang Tanda Tangani PKS dengan Swiss German University

Meningkatkan keamanan siber pada seluruh aplikasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melakukan kolaborasi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bersama dengan Swiss German University (SGU). Perjanjian kerja sama tersebut dilakukan di Kampus SGU, Selasa (21/5/24).

Kepala Dinas Kominfo Indri Astuti mengatakan, kolaborasi ini sebagai upaya meningkatkan keamanan Security Operation Center (SOC) yang akan memonitoring dan mengamankan serangan siber pada aplikasi milik Pemkot Tangerang.

"Alhamdulillah, SGU sangat aktif memberikan edukasi dan mendukung keamanan siber yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah dan organisasi lainnya. Selain itu, PKS ini menjadi tindak lanjut dari MoU sebelumnya yang telah disepakati," ujarnya.

Ia melanjutian, tak hanya Diskominfo saja melainkan seluruh OPD di lingkup Pemkot Tangerang juga akan diberikan edukasi bagaimana pentingnya keamanan siber dan keamanan informasi.

"Keamanan siber ini bukan hanya ada di Diskominfo saja tetapi juga di seluruh OPD di Pemkot Tangerang. Terlebih, di era digitalisasi ini sangat penting untuk kengenal keamanan siber. Harapan kami, kerja sama ini dapat terus berkontribusi dalam peningkatan keamanan siber di Kota Tangerang," lanjut Indri.

Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat SGU, James Purnama mengatakan kolaborasi ini sangat baik terlebih Pemkot Tangerang juga terdepan pada menerapkan digitalisasi dalam menjalankan pemerintahan. Sehingga, keamanan siber harus menjadi salah satu prioritas.

"Dengan respons yang sangat baik dari Pemkot Tangerang, nantinya SGU akan memberikan workshop kepada para ASN tentang SOC dan membantu melindungi keamanan siber pada 224 aplikasi di Kota Tangerang," tutupnya.

BERITA LAINNYA

21 May 2024 14:27

Virtual Job Fair Spesial…

21 May 2024 14:27

Akhir Pendampingan KIM 2021