\

Tangerang LIVE, Bukti Transformasi Pelayanan Digital di Kota Tangerang

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui OPD terkait berhasil membawa perubahan besar dalam pelayanan masyarakat di Kota Tangerang. Perubahan tersebut tersaji dalam Super App Tangerang LIVE, yang dilaunching sejak 2016 silam.

Diketahui, Tangerang LIVE adalah sebuah super app yang merangkul kebutuhan sehari-hari warga Kota Tangerang, dalam satu platform inovatif. Dimana pengguna, dapat menemukan berita terkini, informasi event, dan berbagai pendukung aktivitas apa pun di sekitar mereka. Terlebih, menjadi alat yang memudahkan masyarakat dalam berpartisipasi aktif pada kehidupan kota.

Kini, Tangerang LIVE dengan versi terbarunya 6.1.75 telah diunduh 1.094.572 pengguna, dan hadir dengan fitur-fitur unggulan. Dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga Kota Tangerang dan pastinya meningkatkan interaksi masyarakat dengan Pemkot Tangerang.

Kepala Diskominfo, Kota Tangerang, Indri Astuti mengungkapkan beberapa fitur Tangerang LIVE, ialah Tangerang Cakap Kerja. Yakni fitur yang memudahkan masyarakat mengurus kartu kuning, job fair online, pelatihan BLK dan kewirausahaan.

“Bahkan, tersedianya Tangerang Sedia Lowongan Kerja (Tas Loker) yang membantu para pencari kerja dalam menyesuaikan lowongan mana yang sesuai dengan keterampilannya. Di Tas Loker pemberi kerja juga bisa menyesuaikan mana pencari kerja yang sesuai dengan kualifikasi,” jelas Indri.

Lanjutnya, di Tangerang LIVE juga tersaji Timsport yaitu fitur sewa fasilitas olahraga di Kota Tangerang dengan transaksi pembayaran secara cashless. Fitur Pajak dan Retribusi, yakni dapat dimanfaatkan untuk mengunduh Surat Tanda Terima Setoran (STTS) sebagai bukti bayar pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan dengan transaksi pembayaran sudah cashless.

“Revolusi layanan lainnya lewat Tangerang LIVE ialah layanan kependudukan, perizinan, ketenagakerjaan, kesehatan, ekonomi, pendidikan, kesra, darurat, statistic geospasial hingga layanan Islami,” jelasnya.

Kata Indri, aplikasi Tangerang LIVE adalah salah satu wujud penerapan smart city di Kota Tangerang, dengan transformasi digital. Melalui Tangerang LIVE, pengguna dapat merasakan bagimana teknologi menjadi alat yang mampu mendekatkan dan memberdayakan masyarakat.

“Oleh karena itu, Tangerang LIVE tidak hanya sebuah aplikasi, melainkan representasi dari komitmen Pemkot Tangerang dalam menghadirkan solusi digital terdepan untuk warga Kota Tangerang. Ayo download dan registrasi aplikasi Tangerang LIVE sekarang juga,” tutup Indri.

BERITA LAINNYA

18 Dec 2023 14:08

Virtual Job Fair Spesial…

18 Dec 2023 14:08

Akhir Pendampingan KIM 2021