\

Sukses Terapkan Smart City, Kota Tangerang Miliki 222 Aplikasi hingga Diburu 47 Daerah

Perkembangan teknologi di Indonesia semakin pesat. Menjawab tantangan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam hal ini turut menghadirkan konsep Smart City, sebagai langkah transformasi signifikan dalam memberikan pelayanan publik yang mudah dan cepat bagi masyarakat Kota Tangerang.

Tercatat, sudah 47 daerah di Indonesia mereplikasi aplikasi milik Kota Tangerang, baik provinsi, kabupaten, hingga berbagai kota di Indonesia. Diantaranya, Kabupaten Bandung, Kabupaten Belitung Timur, Kabupaten Pinrang, Kota Jayapura, Kota Padang Panjang dan terakhir ialah Kabupaten Poso.

“Smart city tak lain sebagai upaya memberikan kemudahan pelayanan dan keamanan dalam mendapatkan informasi yang efektif bagi masyarakat Kota Tangerang. Pemkot menyediakan kemudahan layanan publik berbasis teknologi yakni Aplikasi Tangerang Live dan Tangerang Ayo,” ungkap Indri Astuti, Kepala Diskominfo, Kota Tangerang.

“Selain memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Tangerang, namun juga berdampak luas serta membawa pengaruh besar bagi Kota dan Kabupaten di Indonesia,” tambahnya.

Ia pun menjelaskan, Kota Tangerang merupakan satu-satunya daerah yang memiliki aplikasi terbanyak di Indonesia, yaitu 222 aplikasi. Terinci, 203 aplikasi web, 19 aplikasi mobile serta adanya 12 fasilitas sertifikat elektronik. Selain itu, memiliki super aplikasi Tangerang LIVE sebagai Super Apps layanan publik dengan 14 layanan dan 36 menu, yang saat ini telah didownload sebanyak 1.062.235 pengguna.

“Lewat aplikasi Tangerang LIVE, pelayanan publik di Kota Tangerang hingga saat sudah dalam satu genggaman. Mulai dari dari Layanan Gawat Darurat 112, Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA), Layanan Pencari Kerja, daftar harga bahan pokok di pasar dan kumpulan berita terkait Kota Tangerang,” ungkap Indri.

Sebagai informasi, selain lewat pengembangan aplikasi, implementasi Smart City di Kota Tangerang juga bisa dilihat di Smartcity.tangerangkota.go.id atau melalui enam pilar kota pintar. Yakni smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment.

BERITA LAINNYA

15 Dec 2023 21:57

Virtual Job Fair Spesial…

15 Dec 2023 21:57

Akhir Pendampingan KIM 2021