\

Pemkot Tangerang Hadirkan Aplikasi Penerimaan Tamu untuk Kunjungan Kerja Ke OPD dan BUMD

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) telah meluncurkan inovasi terbaru dengan menghadirkan aplikasi Penerimaan Tamu untuk kunjungan kerja ke OPD dan BUMD di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang Aplikasi ini telah disosialisasikan kepada seluruh OPD dan BUMD secara daring beberapa waktu lalu.

Diketahui, berbagai inovasi terus digaungkan Pemkot Tangerang melalui seluruh OPD yang ada. Hingga Kota Tangerang kini sukses dijuluki sebagai Smart City. Julukan tersebut menarik perhatian dari berbagai pihak untuk melakukan kunjungan kerja ataupun studi konparasi ke OPD dan BUMD di lingkup Pemerintah Kota Tangerang.

Kepala Diskominfo, Kota Tangerang, Indri Astuti mengungkapkan aplikasi ini dibuat dengn tujuan untuk tertib administrasi penerimaan tamu yang berkunjung ke OPD dan BUMD, juga untuk peningkatan pendapatan asli daerah dimana setiap kunjungan kerja dari Pemerintah Daerah/instansi/kembaga yang berkunjung ke Pemerintah Kota Tangerang, diwajibkan untuk menginap dihotel hotel yg ada di Kota Tangerang. Bukti Pemesanan hotel itu menjadi salah satu dokumen yang wajib dilampirkan di aplikasi penerimaan tamu. Ketentuan ini dikecualikan bagi tamu tamu yang berasal dari wilayah jabodetabek dan wilayah Provinsi Banten.

“Dengan aplikasi tersebut, nantinya Pemerintah Kab/Kota atau instansi lain yang berkeinginan melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Tangerang dapat melakukan reservasi terlebih dahulu melalui aplikasi dan menunggu dinas yang ingin dikunjungi menjawab permohonan. Selain itu, aplikasi ini juga meminta pemohon untuk mengunggah bukti pemesanan tempat menginap di Kota Tangerang,” jelasnya.

Lanjut Indri, aplikasi tersebut juga untuk menghindari kunjungan yang melebihi kapasitas. “Selain itu untuk menghindari permohonan kunjungan yang tidak terlayani karena waktu yang bentrok atau permohonan kunjungan yang melebihi kapasitas (overload),” katanya.


Sebagai berikut, Cara Memanfaatkan Aplikasi Penerimaan Tamu

1. Buka website www.tangerangkota.go.id atau website smartcity.tangerangkota.go.id, klik di menu penerimaan tamu. Atau anda bisa juga langsung ke alamat link penerimaantamu.tangerangkota.go.id, lalu klik tombol reservasi.

2. Silahkan login dengan akun gmail anda.

3. Setelah berhasil login, klik tombol reservasi.

4. Beri centang pada persetujuan, lalu klik tombol terima.

5. Lengkapi form reservasi, tentukan asal tamu, isikan nama dan instansi pemohon, lengkapi juga alamat instansi pemohon.

6. Tentukan klasifikasi tamu, tanggal dan jam kunjungan, isikan topik diskusi lalu tentukan lokasi yang akan dikunjungi.

7. Isikan jumlah rombongan, nama pimpinan rombongan dan keterangan jika ada.

8. Jika sudah upload surat permohonan kunjungan, jika pemohon akan menginap di Kota Tangerang tentukan hotel tempat menginap dan upload bukti pemesanan hotelnya.

9. Pastikan data telah lengkap, beri centang pada persetujuan lalu klik tombol ajukan.

10. Permohonan kunjungan berhasil diajukan, pemohon akan mendapatkan bukti reservasi melalui nomor WA yang didaftarkan, selanjutnya menunggu verifikasi admin.

BERITA LAINNYA

19 Oct 2023 18:15

Virtual Job Fair Spesial…

19 Oct 2023 18:15

Akhir Pendampingan KIM 2021