\

Optimalkan Simpul Jaringan Geospasial, Pemkot Tangerang Terima Kunjungan Kerja Diskominfo Provinsi Jawa Barat


Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang baru saja menerima kunjungan kerja dari Diskominfo Provinsi Jawa Barat. Diterima secara langsung oleh Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Indri Astuti, kunjungan kerja ini dilakukan di Ruang Tangerang Live Room, Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang, Rabu, (31/5/23).


Kepala Bidang Statistik Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Indah Lesmini menuturkan, kunjungan kerja ini dilakukan untuk kesempatan bertukar pengalaman dalam rangka mengoptimalkan simpul jaringan geospasil di wilayah kerja masing-masing. Pemilihan Kota Tangerang sendiri dilakulan mengingat keberhasilannya dalam mengoptimalkan kebijakan, kelembagaan, sumber daya manusia, teknologi, data, dan standar di sistem Tangerang Satu Peta, yang merupakan salah satu simpul jaringan berstatus biru atau unggul, sejak November 2022 silam.


“Sejauh ini, Kota Tangerang memang telah dikenal sebagai pengelola sistem jaringan geospasial terbaik. Jadi, kami coba berkunjung ke sini untuk melihat, mengkaji, dan mencontoh proses pengelolaanya yang bertujuan untuk modalitas pembinaan kami di Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Barat, yang selama ini dinilai belum berjalan secara optimal,” ujar Kepala Bidang Statistik Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Indah Lesmini, selepas kunjungan kerja dilakukan, Rabu, (31/5/23).


Ia melanjutkan, kunjungan kerja ini menjadi kesempatan untuk saling berbagai pengalaman dalam menciptakan terobosan-terobosan baru untuk mengoptimalkan simpul jaringan geospasial masing-masing. Semisal, Diskominfo Kota Tangerang telah berhasil mengoptimalkan komitmen pimpinan, efesiensi waktu dan anggaran, serta penyelenggaraan Penganugerahan Tangerang Satu Data Satu Peta di awal tahun kemarin. Sebaliknya, Diskominfo Provinsi Jawa Barat juga telah berhasil mengajak kerja sama para akademisi di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) lewat program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).


“Kita juga saling bertukar pengalaman untuk bisa saling ditiru. Seperti, Kota Tangerang telah memberikan contoh terbaik mengenai pemberdayaan sumber daya manusia, sebaliknya Provinsi Jawa Barat telah memberikan contoh terbaik mengenai sistem kolaborasi dengan pihak akademisi, mahasiswa-mahasiswa di berbagai universitas berkompeten, yang memberikan tenaga dan kinerjanya secara rutin selama kurang lebih 6 bulan,” lanjutnya.


Selain itu, kesan positif juga dihasilkan selama kunjungan kerja ini berjalan secara interaktif. Kedepannya, Diskominfo Provinsi Jawa Barat berharap dapat mengambil referensi, pengalaman, dan keberhasilan yang telah dilakukan Diskominfo Kota Tangerang dalam mengembangkan Tangerang Satu Peta, untuk diterapkan di seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jawa Barat.


“Secara umum, pengelolaan simpul jaringan geospasial di Kota Tangerang telah keren banget, ini memang hal yang patut ditiru. Terlebih, bagaimana dengan ketersediaan sumber daya manusia dan anggaran yang terbatas, mampu menyatukan komitmen untuk memberikan kinerja yang seoptimal mungkin. Terbukti, Kota Tangerang mampu mendapatkan penghargaan tingkat nasional dari pencapaian ini. Sangat menginspirasi kami semua yang ada di Provinsi Jawa Barat,” pungkasnya. (mts)

BERITA LAINNYA

31 May 2023 15:24

Virtual Job Fair Spesial…

31 May 2023 15:24

Akhir Pendampingan KIM 2021