\

Jadi Inspirasi Penerapan Smart City, SIMASN Pemkot Tangerang Direplikasi Puluhan Instansi Pemerintahan di Indonesia

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dinilai telah berhasil dalam menyelenggarakan birokrasi pemerintahan berbasis pemanfaatan teknologi dan digitalisasi. Salah satu yang terbilang paling berhasil, yakni pengembangan Sistem Informasi Manajemen Aparatur Sipil Negara (SIMASN) yang kini telah direplikasi oleh 20 instansi pemerintahan dari berbagai daerah di Indonesia.

SIMASN sendiri merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola sistem manajemen kepegawaian di lingkungan Pemkot Tangerang. Melalui aplikasi tersebut, Pemkot Tangerang memanfaatkan teknologi dan digitaliasi untuk mengimplementasikan manajemen talenta (meritoktasi) dalam mendorong pengembangan Sumber Daya Manusia para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Tangerang, seperti manajemen kepegawaian dengan sistem mutasi, promosi, kenaikan pangkat, dsb, sehingga transparansi dan akuntabilitasnya lebih akurat.

“Saya melihat perkembangan dan inovasi di Kota Tangerang ini sangat bagus, terutama dalam penerapan smart city. Seperti, pengembangan SIMASN yang dapat memonitoring kinerja pegawai berbasis merit yang sangat akurat. Ini telah menginspirasi banyak pihak, salah satunya, saya yang telah menjalin MoU untuk mereplikasi sistem tersebut,” ujar Wakil Bupati Banjar, Saidi Mansyur, beberapa waktu lalu setelah menjalin kerja sama replikasi aplikasi SIMASN, Kamis, (14/12/23).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang, Indri Astuti menuturkan, kualitas kinerja yang diberikan SIMASN selama ini juga telah mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak. Mulai dari keberhasilannya menarik minat puluhan instansi pemerintah dari daerah lain untuk mereplikasi sistem serupa, sampai keberhasilanya meraih penghargaan di bidang terkait, seperti yang pernah diraih dalam Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award Tahun 2023 beberapa waktu yang lalu.

“SIMASN ini secara khusus dikembangkan untuk mendukung sistem kepegawaian di lingkungan Pemkot Tangerang. Terutama dalam mendorong prinsip “the right man in the right place” dapat berjalan, sehingga para SDM ini dapat mendorong kinerja organisasi secara optimal,” tambah Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Indri Astuti.

Selain itu, keberhasilan penggunaan aplikasi SIMASN juga tidak bisa dilepaskan dari komitmen Pemkot Tangerang dalam mewujudkan LIVE (Liveable, Investable, Visitable, dan e-City) lewat optimalisasi Super Apps Tangerang LIVE yang kini telah diunduh lebih dari 985 ribu pengguna.

BERITA LAINNYA

14 Dec 2023 16:02

Virtual Job Fair Spesial…

14 Dec 2023 16:02

Akhir Pendampingan KIM 2021