\

Inovatif! KIM Ketapang Kota Tangerang Luncurkan Aplikasi Ketapang Smart Digital

Kota Tangerang merupakan salah satu kota di Indonesia yang telah menerapkan Smart City, di mana pelayanan publik hingga penyebaran informasi telah dilakukan secara digital. Mendukung percepatan digitalisasi di seluruh wilayah Kota Tangerang, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kelurahan Ketapang melakukan inovasi yaitu dengan membuat aplikasi Ketapang Smart Digital.

Ketua KIM Kelurahan Ketapang, Nakim Mustakim menjelaskan bahwa inovasi ini dibuat agar warga Kelurahan Ketapang mendapatkan berbagai informasi dan turut menyebarkan informasi melalui aplikasi tersebut. Aplikasi Ketapang Smart Digital terdiri dari beberapa layanan informasi baik layanan pendidikan, kesehatan, UMKM, hingga layanan bantuan hukum.

"Ini sebagai bentuk dukungan atas program Pemkot Tangerang yang sudah menjadi Smart City. Jadi, kami ingin meneruskan atau melakukan percepatan digitalisasi di wilayah. Sehingga, apa yang sudah dilakukan Pemkot Tangerang tidak terputus di wilayah atau kelurahan," ungkapnya, Selasa (17/10/23) di Aula Kantor Kelurahan Ketapang.

Ia melanjutkan, untuk membuat aplikasi ini dibutuhkan waktu selama tiga bulan dan dikerjakan oleh tim dari KIM Ketapang sebanyak tiga orang. Selain itu, dalam aplikasi Ketapang Smart Digital juga dapat menyerap aspirasi masyarakat kepada RT/RW sehingga dapat disampaikan ke Kelurahan.

"Dalam aplikasi Ketapang Smart Digital juga ada menu yang akan direct ke aplikasi Tangerang LIVE. Sehingga, aplikasi ini saling melengkapi. Di mana Ketapang Smart Digital untuk informasi kewilayahaan, dan Tangerang LIVE untuk aplikasi keseluruhan di Kota Tangerang," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi KIM Kota Tangerang, Yahya Suhada berharap bahwa seluruh KIM yang ada di Kota Tangerang dapat membuat beragam inovasi. Sehingga, percepatan digitalisasi di Kota Tangerang akan semakin cepat dan memudahkan masyarakat.

"Tentu saya berharap, KIM Ketapang ini dapat menjadi contoh bagi KIM di kelurahan lainnya. Ini adalah aplikasi pertama di kewilayahaan yang dibuat oleh KIM. Jadi, harus menjadi pemicu bagi KIM di wilayah lain untuk berinovasi khususnya dalam percepatan digitalisasi di Kota Tangerang," harapnya.

Sebagai informasi, aplikasi Ketapang Smart Digital tersedia di sistem operasi Android dan dapat diunduh di Play Store.

BERITA LAINNYA

17 Oct 2023 11:48

Virtual Job Fair Spesial…

17 Oct 2023 11:48

Akhir Pendampingan KIM 2021