\

Inovasi Super Apps Tangerang LIVE, Berhasil Wujudkan Smart City di Kota Tangerang

Satu dekade berjalan, Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, memimpin Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dengan berbagai terobosan yang luar biasa. Salah satunya, Pemkot Tangerang berhasil membangun sistem birokrasi dan pelayanan publik berbasis teknologi digital sesuai dengan tajuk “smart city” dan “e-city” yang selama ini diusung, yakni melalui optimalisasi super apps Tangerang LIVE.

Super apps Tangerang LIVE sendiri merupakan aplikasi yang dirancang untuk memfasilitasi pelayanan publik di berbagai macam lini sektor agar bisa diakses secara mudah oleh masyarakat. Lewat komitmen pengembangan yang telah dilakukan sejak tahun 2016 lalu, super apps Tangerang LIVE kini menjadi platform pelayanan terintegrasi yang telah diunduh oleh 1 juta lebih pengguna dan diduplikasi oleh 38 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

“Saya punya komitmen yang besar dalam pengembangan “smart government.” Kami buat super apps ini untuk menjelankan pemerintahan yang efektif dan efisien. Ibaratnya, super apps Tangerang LIVE ini dibuat untuk mewujudkan pemerintahan dengan modal kecil tapi bisa “Return of Investment (ROI)” dalam bentuk “impact” positif yang besar untuk masyarakat,” ujar Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, mengutip dari buku “Arief R. Wismansyah: 15 Tahun Pengabdian di Kota Tangerang: Menata dengan Jiwa, Melayani dengan Hati.”

Kini, super apps Tangerang LIVE juga merupakan bukti konkrit dalam penerapan “smart city” di Kota Tangerang. Lewatnya, segala bentuk informasi, kebijakan, dan pelayanan dilakukan dengan basis pemanfaatan teknologi terkini, khususnya “smartphone” sebagai salah satu unit yang paling dekat dengan masyarakat.

Selain itu, Pemkot Tangerang juga terus melakukan optimalisasi lain dalam upaya mewujudkan tatanan “smart city” di Kota Tangerang. Seperti, belum lama ini, Pemkot Tangerang sedang mengembangkan portal geospasial, Tangerang Satu Data Satu Peta, serta super apps Tangerang AYO yang digunakan untuk memfasilitasi kemudahan urusan birokrasi di lingkungan Pemkot Tangerang.

“Kalau untuk masyarakat ada aplikasi Tangerang LIVE, para pekerja birokrasi juga saya usulkan untuk ada aplikasi Tangerang AYO. Rencananya aplikasi ini akan diluncurkan sekitar tahun 2023-2024 mendatang, jadi semua urusan birokrasi pemerintahan akan diakomodasi di situ. Sekarang, ada artificial intelligence, internet, sistem informasi, semua bisa dioptimalkan,” lanjutnya di buku yang sama.

BERITA LAINNYA

21 Dec 2023 21:01

Virtual Job Fair Spesial…

21 Dec 2023 21:01

Akhir Pendampingan KIM 2021