\

Ingin Miliki Command Center yang Berkualitas, DPRD Kabupaten Pasaman Barat Belajar ke Kota Tangerang


Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menerima kunjungan studi implementasi dari DPRD Kabupaten Pasaman Barat, di Ruang Tangerang Live Room, Senin (27/3/23). Kunjungan dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat, H Erianto dan diterima langsung Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Indri Astuti beserta jajaran. 


Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat, H Erianto, mengungkapkan dalam kunjungan ini DPRD dan Diskominfo Kabupaten Pasaman Barat belajar atau mencari ilmu terkait sejauh apa aplikasi yang dimiliki Kota Tangerang. Terkhusus, terkait operasional Command Center Kota Tangerang, yakni layanan 112 dan 119. 


“Dalam kunjungan ini, kami mencari tahu terkait kekuatan SDM, sistem yang dimiliki, serta hal-hal yang perlu disiapkan jika ingin membangun command center yang memadai. Tentu, dalam hal ini akan disesuaikan dengan kekuatan yang dimiiki Kabupaten Pasaman Barat,” ungkap Erianto. 


Lanjutnya, ini akan berlanjut dalam proses permohonan dan MoU untuk melakukan kerjasama yang lebih jauh. “Hari ini, kami senang dan terimakasih sekali atas penerimaan dari Diskominfo Kota Tangerang. Semoga bersedia untuk mengawal kita memiliki command center yang seperti dimiliki Kota Tangerang,” katanya. 


Sementara itu, Kepala Unit Pelayanan Terpadu Pengelola Ruang Kendali Kota, Fany Rostiany menyatakan command center Kota Tangerang telah menerima penghargaan Pelayanan Pengaduan Terbaik tahun 2020 dari Kemenpan RB. Selain itu, Kota Tangerang merupakan satu-satunya daerah yang memiliki aplikasi terbanyak di Indonesia, yaitu 211 aplikasi dengan super aplikasi Tangerang LIVE, super Apps layanan publik dengan 14 layanan dan 32 menu, yang saat ini telah didownload sebanyak 985.002 pengguna.


Lewat aplikasi Tangerang LIVE, pelayanan publik di Kota Tangerang hingga saat sudah dalam satu genggaman. Mulai dari dari Layanan Gawat Darurat 112, Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA), Layanan Pencari Kerja, daftar harga bahan pokok di pasar dan kumpulan berita terkait Kota Tangerang. Atas terobosan ini, tercatat sudah 40 daerah mereplikasi aplikasi milik Kota Tangerang, baik provinsi, kabupaten, hingga berbagai kota di Indonesia.


“Kini, pada kunjungan DPRD Kabupaten Pasaman Barat, Diskominfo Kota Tangerang pun tetap berkomitmen untuk membantu, memberikan, memfasilitasi serta mendampingi apa yang dibutuhkan Kabupaten Pasaman Barat dalam membangun command center. Dalam hal ini, kita sama-sama belajar untuk meningkatkan pelayanan berbasis teknologi untuk masyarakat kita,” katanya.(bun)

BERITA LAINNYA

27 Mar 2023 12:50

Virtual Job Fair Spesial…

27 Mar 2023 12:50

Akhir Pendampingan KIM 2021