\

Implementasi Smart Governance di Kota Tangerang dalam Mewujudkan Smart City

Pada era digital saat ini, transformasi dalam sistem pemerintahan menjadi semakin penting. Yakni beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan masyarakat yang semakin maju. Salah satunya, implementasi tata kelola cerdas yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi atau smart governance. Seperti yang dilakoni Kota Tangerang menuju Smart City.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Indri Astuti menuturkan, Penerapan smart governance bukan hanya sebuah strategi yang bijak, tetapi juga merupakan tonggak bagi perubahan yang berkelanjutan dalam tata kelola perkotaan. Pada akhirnya, akan membantu menciptakan masyarakat yang lebih inklusif, efisien dan berkelanjutan.

“Sejauh ini, Kota Tangerang telah memiliki program smart governance yang keberadaannya telah dirasakan masyarakat Kota Tangerang. Seperti, super app Tangerang LIVE, super app Tangerang AYO hingga adanya Mal Pelayanan Publik (MPP) dengan 142 layanan dari 18 kementerian atau instansi dan lembaga,” papar Indri, Rabu (24/7/24).

Berikut program Smart Governance Kota Tangerang menuju Smart City

1. Super App Tangerang LIVE. Aplikasi yang merangkul kebutuhan masyarakat Kota Tangerang dalam satu platform, terdiri dari 14 layanan dan 35 menu. Tercatat, Tangerang LIVE telah di download 1.158.331 akun dengan pengguna terverifikasi 455.072 akun. Kini, juga telah meraih penghargaan peringkat 1 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Banten dengan 49 kota/kab telah mereplikasi aplikasi Pemkot Tangerang.

2. Super App Tangerang Ayo. Aplikasi yang merupakan integrasi dari beberapa aplikasi manajemen pemerintahan yang digunakan untuk membantu pegawai Pemkot Tangerang dalam melakukan pekerjaan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Super App Tangerang LIVE dan Tangerang AYO terintegrasi dalam 223 modul/aplikasi yang dikelola secara mandiri oleh Pemkot Tangerang.

3. Pemanfaatan Teknologi Informasi melalui Website. Yaitu, Kota Tangerang pada tangerangkota.go.id, Tangerang Smart City pada smartcity.tangerangkota.go.id, Tangerang Satu Data pada satudata.tangerangkota.go.id, Tangerang Satu Peta pada maps.tangerangkota.go.id, dan Tangerang CSIRT pada csirt.tangerangkota.go.id.

4. Tangerang Government University. Yakni, sistem/entitas, dan strategi pengembangan kompetensi SDM aparatur dalam penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan fleksibilitas dan aksebilitas dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan serta mengubah sikap perilaku.

5. Sistem Penilaian Individu Online (SPION). Yakni, pelaksanaan Uji Potensi dan Kompetensi (Assessment) dilakukan secara online yang memudahkan dan mempercepat Assesor dalam melaksanakan penilaian.

6. Layanan Terintegrasi Perizinan Kota Tangerang (Lintasan). Ketersediaan layanan sistem online 24 jam dengan 87 jenis layanan. Mulai dari Penanaman Modal, Substansi Pemerintah dan Kesra serta Substansi Pembangunan.

7. Mal Pelayanan Publik (MPP). Yakni, kemudahan perizinan melalui MPP Kota Tangerang dengan 142 layanan dari 18 kementerian/instansi dan lembaga.

8. Online Single Submission (OSS)

9. Perencanaan Daerah. Yakni, Sistem Informasi Pembangunan Daerah melalui aplikasi SIPD, aplikasi monitoring dan evaluasi melalui E-monevi dan E-SAKIP, aplikasi Open Jurnal dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

BERITA LAINNYA

24 Jul 2024 12:35

Virtual Job Fair Spesial…

24 Jul 2024 12:35

Akhir Pendampingan KIM 2021