\

Diskominfo Kota Samarinda Lakukan Studi Tiru Terkait Media Publikasi dan Lapor Laksa Milik Kota Tangerang

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menerima kunjungan kerja dari Diskominfo Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Rombongan diterima langsung oleh Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Indri Astuti, didampingi Kepala Bidang Diseminasi Informasi Komunikasi Publik (DIKP), Ian Chavidz Rizqiullah, dan Kepala Bidang Pengembangan e-Government, Rizky Febriyanto Sunaryo, di Ruang Rapat Tangerang Live Room, Puspem Kota Tangerang, Kamis (2/11/2023).

Kepala Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Diskominfo Kota Samarinda, Euis Eka April Yani, mengatakan kunjungan kerja ke Kota Tangerang sebagai langkahnya meningkatkan kinerja dengan mempelajari inovasi apa saja yang telah dilakukan oleh Diskominfo Kota Tangerang. Karena Kota Tangerang telah berhasil memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat.

"Kami melihat Kota Tangerang sudah sangat bagus dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat, melalui berbagai hal, seperti media sosial, aplikasi pelayanan yang sudah terintegrasi, dan juga kami ingin belajar mengenai bagaimana Kota Tangerang sangat responsive terhadap pengaduan masyarakat yang cukup banyak. Karena di Kota Samarinda sendiri masih belum maksimal dalam pelayanan penerimaan aduan masyarakat,” tuturnya.

Ia pun mengaku Kota Tangerang sangat komitmen dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan digitalisasi lewat media informasi. Sekaligus belajar hal baru tentang adanya media informasi seperti pengelolaan TV pemerintah dalam menyampaikan informasi dan program pemerintah yang sudah berjalan sangat baik.

“Tentunya kami akan amati, tiru, dan modifikasi beberapa poin yang tadi telah disampaikan untuk dapat kami replikasikan di Kota Samarinda. Selain itu, kami juga akan sampaikan kepada pimpinan daerah terkait melakukan kerjasama atau MOU dalam replikasi aplikasi Lapor Laksa dan yang lainnya bersama Pemkot Tangerang,” ujar Euis.

Sementara itu, Kepala Bidang DIKP Diskominfo Kota Tangerang, Ian Chavidz Rizqiullah, mengungkapkan pada pertemuan dengan Diskominfo Kota Samarinda memaparkan program-program apa saja yang telah berjalan di Kota Tangerang, diantaranya aplikasi Lapor Laksa, Tangerang Live, serta e-Gov. Selain itu, dirinya juga menjelaskan tentang ada media publikasi kebanggaan yang telah dimiliki Pemkot Tangerang seperti Tangerang TV, Koran Kota Benteng (Koben), dan Live Magazine.

“Kami sangat senang dapat bertukar informasi tentang inovasi yang telah berjalan di Kota Tangerang, tentunya dalam hal ini media publikasi yang dikelola Pemkot Tangerang serta beberapa aplikasi yang menjadi unggulan. Sesuai arahan Wali Kota Tangerang, kami sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin melakukan studi tiru atau kerjasama dari Kota/Kabupaten manapun,” kata Ian. (dsw)

BERITA LAINNYA

02 Nov 2023 14:30

Virtual Job Fair Spesial…

02 Nov 2023 14:30

Akhir Pendampingan KIM 2021