Belajar Praktik Pengelolaan Media Sosial, BPOM Kunjungi Diskominfo Kota Tangerang
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang menerima kunjungan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk berbagi praktik kampanye publik, dalam hal ini terkait Optimalisasi Pengelolaan Media Sosial (medsos) di Kota Tangerang.
Kunjungan dari BPOM dipimpin langsung Ketua Tim Standardisasi Mutu Pangan Olahan BPOM Yeni Restiani dan diterima Kepala Bidang DIKP Diskominfo Kota Tangerang Ian Chavidz Rizqiullah beserta jajaran, di Ruang Rapat Asda II, Puspem Kota Tangerang, Kamis (17/10/24).
Yeni Restiani mengatakan, dalam kunjungan ini BPOM membawa tim sosial media untuk mengetahui secara langsung sistem kerja yang dikelola Diskominfo Kota Tangerang. Mulai dari Koran Kota Benteng, LIVE Magazine, website tangerangkota.go.id, TikTok, Instagram @kotatangerang hingga @tangerangtv.
Terlebih, dengan keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang dibentuk Diskominfo Kota Tangerang untuk menjadi corong informasi Pemkot Tangerang ke masyarakat yang lebih luas lagi.
“Saat baru datang saya sudah disuguhkan lembar bacaan tabloid Kota Benteng dan LIVE Magazine, ternyata ya memang benar sudah profesional terlihat dari hasil karyanya. Saat mengetahui pengelolaan media sosialnya ternyata luar biasa kreatif,” tutur Reni.
“Saya juga diberikan kesempatan untuk melihat langsung ruang kerja tim kreatif Diskominfo Kota Tangerang atau Tangerang TV hingga ke dalam ruang studionya. Tidak main-main memang, semua dikelola dengan profesional layaknya perusahaan swasta. Ini kunjungan yang membuat kami tercerahkan untuk tumbuh sama-sama mengembangkan dunia informasi untuk masyarakat,” tambahnya.
Sementara itu, Kepala Bidang DIKP Diskominfo Kota Tangerang Ian Chavidz Rizqiullah menuturkan, dalam kunjungan ini, Diskominfo Kota Tangerang berupaya menyampaikan ragam rangkaian atau alur kerja dalam urusan kampanye publik di berbagai kanal yang dimiliki.
Mulai dari Instagram @tangerangkota dengan 217 ribu followers, @tangerangtv dengan 114 ribu followers, Tik Tok @tangerangtv dengan 15 ribu followers, hingga rillis pemberitaan di website tangerangkota.go.id dengan rata-rata 250 berita setiap bulannya.
“Dalam kesempatan ini kita juga menyampaikan strategi branding yang sudah dijalani di Pemkot Tangerang hingga cara-cara untuk meningkatkan engagement rate di sosial media,” jelas Ian.
Lanjutnya, Diskominfo Kota Tangerang melalui Bidang DIKP terus membuka lebar pintu kerja sama atau ruang diskusi untuk sama-sama belajar meningkatkan kampanye publik atau penyebaran informasi. “Dalam hal ini, tinggal bersurat ke Diskominfo Kota Tangerang untuk menentukan waktu yang tepat untuk saling belajar atau berdiskusi,” tutupnya.