\

Bantu Pertumbuhan Ekonomi, Program Tangerang BISA Kembali Dihadirkan

Sukses di tahun 2020, Program Tangerang Bantuan Insentif Start-UP Anda atau Tangerng BISA kembali dihadirkan oleh Pemerintah Kota Tangerang. Bahkan, bantuan permodalan usaha pada tahun ini, dinaikan menjadi Rp760 ribu per penerima, dengan kuota 20 ribu pelaku usaha di Kota Tangerang.


Teddy Roestendi, Kabag Kerjasama dan Perekonomian Kota Tangerang mengungkapkan pada program Tangerang BISA tahun lalu, dengan bantuan permodalan sebesar Rp500 ribu mendapat antusias yang cukup tinggi, dengan total 16.209 ribu pendaftar, dari kuota tersedia 10 ribu pelaku usaha.


“Antusias program bantuan modal ditengah pandemi ini memang mendapat respon yang cukup tinggi. Dengan itu, untuk tahun ini secara nilai dinaikan dan kuota dinaikan dua kali lipat. Semoga ini dapat mendorong geliat ekonomi mulai dari lini bawah, dan sama-sama memulihkan perekonomian Kota Tangerang di tengah pandemi covid-19,” ungkap Teddy.


Sementara itu, dilokasi yang berbeda Asda II Kota Tangerang, Indri Astuti menjelaskan penerima Tangerang BISA merupakan pemohon yang belum pernah menerima bantuan dari Kementrian maupun Tangerang BISA 2020.


“Selain itu, pemohon juga harus menyertakan surat pernyataan bahwa usahanya sudah berlangsung kurang dari satu tahun, disertai tandatangan pemohon dan RT setempat. Terkait komitmen tepat sasaran, Pemkot Tangerang melakukan dua tahap verifikasi yaitu dokumentasi dan validasi kelokasi usaha langsung,” papar Indri, saat ditemui di ruang kerjanya.


Lanjutnya, dikatakan Indri program Tangerang BISA ditujukan untuk membangkitkan atau mempercepat ekonomi masyarakat, ditengah pandemi covid-19. “Maka, selanjutnya mereka yang mendapat program Tangerang BISA 2021, akan diprioritaskan untuk mendapat program Tangerang EMAS atau pinjaman modal mulai Rp2 juta hingga Rp5 juta per penerima,” katanya.


Para pelaku usaha atau calon pemohon, yang mengikuti peresmian Tangerang BISA melalui meeting zoom di 13 kecamatan pun menyambut dengan antusias. Terlebih mereka yang rata-rata baru memulai usaha, namun sudah ditempa sulitnya ekonomi pada kondisi pandemi covid-19.


“Saya pedagang cilor, ceker pedas dan makaroni. Baru dagang tujuh bulanan, tapi pandemi ini memang berpengaruh banget dengan daya beli masyarakat. Jadi agak sulit untuk saya mengembangkan usaha saya, semoga saya dapat program ini dan bisa mengembangkan usaha saya secara kemasan, penjualan dan strategi pemasaran,” kata Aristiadi, Pedagang Cilor, Kecamatan Tangerang.


Sebagai Informasi, alur permohonan Tangerang BISA sebagai berikut;

1. Akses website Sabakota.tangerangkota.go.id

2. Login NIK dan Pasword yang sudah terdaftar (Jika belum memiliki akun klik daftar)

3. Klik menu pengajuan bantuan .

4. Pilih sub menu Tangerang BISA 2021.

5. Sebelum mengisi form data diri, pemohon harus mengunduh surat pernyataan untuk di tanda tangan ketua RT dan pemohon.

6. Isi dan lengkapi data diri, data usaha, berkas administrasi, nomor dan buku rekening yang diminta.

7. Tunggu proses verifikasi, proses pencairan dan realisasi pengajuan selesai.


Read more at: https://tangerangkota.go.id/berita/detail/27655/bantu-pertumbuhan-ekonomi-program-tangerang-bisa-kembali-dihadirkan


Download aplikasi Android TangerangLive : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.tangerangkota.tangeranglive&hl=en

BERITA LAINNYA

16 Aug 2021 17:31

Virtual Job Fair Spesial…

16 Aug 2021 17:31

Akhir Pendampingan KIM 2021