\

Progres Implementasi Dimensi Smart Environment pada Program Smart City Kota Tangerang

Progres Kota Tangerang dalam mengimplementasikan program Smart City dinilai sangat cepat dan cukup membanggakan. Salah satunya, pada dimensi Smart Environment di Kota Tangerang yang terus berkembang dan lengkap untuk dimanfaatkan masyarakat Kota Tangerang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Indri Astuti menjelaskan, Smart Environment merupakan pembangunan sarana dan prasarana bagi masyarakat berorientasi pada lingkungan hidup, sehingga terwujud tata kelola lingkungan yang baik, bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Kota Tangerang melalui seluruh OPD terkait terus mengembangkan teknologi smart environment yang dirancang untuk mengendalikan kondisi lingkungan, untuk mencapai kondisi optimal bagi pertumbuhan tanaman di Kota Tangerang.

“Dalam hal ini, Kota Tangerang juga berkeja sama dengan kementerian, provinsi bahkan lembaga, instansi ataupun komunitas lingkungan sebagai mitra strategis,” kata Indri, Senin (2/9/24).

Kata Indri, Kota Tangerang sejauh ini dalam Smart Environment sudah menyediakan ruang terbuka publik, pembuangan dan pengolahan sampah, penertiban kawasan kumuh, mempertahankan fungsi sungai, hingga pemanfaatan lahan kosong untuk penghijauan.

“Sejauh ini, tercatat Kota Tangerang memiliki delapan program Smart Environment yang saat ini terus berjalan, berkembang dan bertambah untuk menciptakan Kota Tangerang yang lebih bersih, asri dan nyaman untuk seluruh warganya,” katanya.

Berikut program Smart Environment Kota Tangerang dalam implementasi smart city:

1. Aplikasi Sistem Informasi Lacak Armada (Silacak)

2. 91 Bank Sampah

3. Sepakat Taat, yaitu kegiatan yang mengajak badan usaha untuk berperan aktif dalam memperbaiki kinerja pengelolaan lingkungan hidup

4. 14 titik Pos Duga Air dangan pemanfaatan CCTV

5. Sedekah Sampah, dana dari hasil sedekah sampah akan disetorkan ke Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tangerang secara berkala

6. Program Jemput Sampah, upaya mengurangi sampah yang masuk ke TPA. Dapat menghubungi call center 0811 1631 631

7. 444 armada sampah

8. 7 TPS 3R Resuse, Reduce , Recycle

BERITA LAINNYA

02 Sep 2024 11:37

Virtual Job Fair Spesial…

02 Sep 2024 11:37

Akhir Pendampingan KIM 2021