Lapor Laksa Terima 252 Pengaduan dalam Sepekan, Aduan PJU Mendominasi
Layanan aspirasi dan pengaduan masyarakat Lapor Laksa mencatat 252 laporan masuk dalam sepekan terakhir, dengan aduan lampu PJU menjadi kategori laporan terbanyak. Dari seluruh laporan tersebut, 154 kasus telah selesai ditindaklanjuti, mencakup pengaduan bantuan sosial, kependudukan, kartu keluarga dan jalan rusak. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang, Mugiya Wardhany, menyampaikan apresiasi atas tingginya partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan layanan pengaduan resmi pemerintah daerah. Ia juga menegaskan komitmen pemerintah dalam menjaga kualitas layanan pengaduan publik. “Kami terus meningkatkan standar pelayanan Lapor Laksa, baik dari sisi kecepatan respons maupun ketepatan tindak lanjut. Kami juga menghadirkan layanan pengaduan ramah disabilitas melalui LAKSA+ agar seluruh masyarakat, tanpa kecuali, dapat menyampaikan aduan dengan mudah,” tambahnya. Laporan pengaduan ditindaklanjuti oleh perangkat daerah terkait melalui proses verifikasi lapangan, perbaikan sarana prasarana, hingga respons cepat untuk kategori kedaruratan. Pemerintah Kota Tangerang melalui Diskominfo terus mendorong masyarakat agar memanfaatkan layanan Lapor Laksa sebagai saluran komunikasi publik yang cepat dan transparan. Dengan meningkatnya partisipasi masyarakat, pemerintah optimis kualitas pelayanan publik dan penataan lingkungan di Kota Tangerang akan terus meningkat.
“Partisipasi aktif warga sangat membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan permasalahan di lapangan. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas respons dan tindak lanjut laporan,” ujarnya, Minggu (30/11/2025).