\

Kabupaten Minahasa Studi Tiru Digital Government Kota Tangerang

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menerima kunjungan kerja dari Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara yang bertempat di Ruang Akhlakul Karimah, Kota Tangerang, pada Selasa (22/8/2). Kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk studi lapangan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA). Dihadiri oleh 40 peserta, terdiri dari para pegawai administrator angkatan ke-7 Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.



Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kabupaten Minahasa, Drs. Roy Tumiwa menjelaskan studi lapangan PKA tersebut merupakan kerja sama dari Kabupaten Minahasa dengan BPSDM Provinsi Sulawesi Utara sebagai lembaga terakreditasi untuk menyelenggarakan pelatihan-pelatihan aparatur.


“Metode pembelajaran yang dilakukan pada PKA sesuai dengan kurikulum nasional yakni blended learning, salah satu pembelajarannya yaitu studi lapangan. Studi lapangan tersebut dalam rangka memberikan bekal kepada bagi para peserta untuk studi tiru atau proses mendapatkan lesson learned untuk melengkapi komptensi menereka, kemampuan menejerial dan kamampuan kepemimpinan,” jelas Drs. Roy Tumiwa.


Drs. Roy Tumiwa melanjutkan pemilihan Kota Tangerang sebagai kota yang dipilih sebagai studi lapangan atau studi tiru Kabupaten Minahasa karena tematik yang digunakan oleh BPSDM Provinsi Sulawesi Utara dalam penyelenggaraan PKA ialah Digital Government. Lalu, Kota Tangerang menjadi salah satu kota yang proses penyelenggaraan pemerintah sudah menggunakan berbasis digital.


“Maka dari itu seluruh peserta memilih Kota Tangerang sebagai studi tiru, yang akan melakukan proses lesson learned dan proses Amati, Tiru, dan Mofikasi (ATM). Dengan harapan membuat sebuah rencana aksi maupun perubahan yang akan mereka terapkan kepada instansi masing-masing,” harapnya.


Sementara itu, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang mendapatkan kesempatan memberikan paparan dan penjelasan terkait dengan pancapaian digitalisasi yang telah dicapai oleh Pemerintah Kota Tangerang, bertempat di Tangerang Live Room sebagai ruang kendali Kota Tangerang.


“Capaian tersebut antara lain, 211 aplikasi dan dua super app yang telah kita bangun, serta layanan 112 maupun 119. Dari Kota Tangerang berharap kolaborasi ini dapat dilanjuti dengan penandatangan MoU, karena kami sangat terbuka kepada kabupaten/kota untuk replikasi aplikasi secara gratis yang dibangun oleh Pemerintah Kota Tangerang,” tutup Indri Astuti, Kepala Diskominfo Kota Tangerang.

BERITA LAINNYA

22 Aug 2023 17:08

Virtual Job Fair Spesial…

22 Aug 2023 17:08

Akhir Pendampingan KIM 2021