Terintegrasi dengan Super Apps TangerangAYO, Pemkot Tangerang Terus Optimalisasi PATEN di Setiap Kecamatan
Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus melakukan optimalisasi Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kota Tangerang. Dihadiri seluruh perwakilan kecamatan dan kelurahan, khususnya pegawai pelayanan umum dan tata pemerintahan, Pemkot Tangerang mensosialisasikan program PATEN yang telah terintegrasi dengan Super Apps TangerangAYO yang belum lama ini diluncurkan.
Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tangerang, Deni Koswara menuturkan, program PATEN merupakan penyelenggaraan pelayanan publik yang proses pengelolaannya. mulai dari permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen, dilakukan dalam satu tempat melalui satu loket pelayanan terpadu di tingkat kecamatan atau kelurahan. Terintegrasi dengan Super Apps TangerangAYO, berbagai fasilitas pelayanan yang terakomodasi, seperti KTP-el, KIA, Kartu Kuning, E-SPPT dan E-STTS, Abang Jawara, Tangerang City Gallery, Ambulans dan Mobil Jenazah Gratis, serta Tombol Darurat (112).
“Secara umum, PATEN ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses berbagai pelayanan publik. Jadi, masyarakat tidak perlu ribet dalam mengakses pelayanan, sekaligus para pegawai juga dimudahkan lewat adanya integrasi dengan Super Apps TangerangAYO yang digunakan untuk mengoptimalkan ini semua,” ujar Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tangerang, Deni Koswara, Selasa, (19/12/23).
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang, Indri Astuti menambahkan, program PATEN selama ini telah dioptimalkan oleh sebagian besar wilayah secara maksimal. Setelah integrasi dengan Super Apps TangerangAYO dilakukan, Pemkot Tangerang berharap pegawai dan masyarakat mampu memanfaatkan kemudahan pelayanan yang selama ini telah disediakan.
“Super Apps TangerangAYO di dalamnya terdapat fitur “Melayani Warga” yang berfungsi untuk mengakomodasi layanan publik, khususnya PATEN di Kota Tangerang. Saat ini terdapat sekitar 9 fitur pelayanan yang ditujuan untuk mempermudah para pegawai dalam mengoptimalisasi pelayanan publik di Kota Tangerang,” tambahnya.
Selain itu, Pemkot Tangerang berharap kemudahan ini mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Tangerang dapat berjalan secara lebih baik lagi.
“Kami berharap seluruh pegawai di kecamatan dan kelurahan se-Kota Tangerang dapat memanfaatkan kemudahan yang dihadirkan, sehingga seluruh bentuk pelayanan publik dapat tersalurkan secara cepat, tepat, dan maksimal,” pungkasnya. (mts)